Gudeg atau saduran masakan nangka muda yang merupakan gambaran kuliner yogyakarta memag amat spesial, waktu ini makanan ini sudah terkenal keberbagai kawasan indonesia, apalagi orang luar negeri kendati sudah mengetahui makanan yang sangat senang dan legit ini. Asalkan anda mendarat ke yogyakarta pasti pernah melihat penjual atau rumah makan yang memang tertentu menjual santapan ini, apalagi sangat banyak sangat yang menjajakannya halnya diantaranya lautan gudeg. Citarasa segar dan gemar yang dihasilkan gudeg itulah yang banyak diantara kita ketagihan serta selalu ingin mencoba penganan gudeg, & tentunya selalu ingin balik ke yogyakarta. Jadi untuk anda yang berpergian ke jogja lihatlah kanan kiri anda, serta pastikan engkau mampir di salah satu warung makan yang menyediakan gudeg, agar anda bisa mencoba kelezatan yang super segar dari olahan kuliner nusantara.

gudeg bu cip Sebenarnya pada waktu anda sedang jauh daripada jogja dan ingin amat mencicipi gudeg, anda siap membuatnya dirumah dengan resep olahan gudeg asli yogyakarta yang mau kami suguhkan. Sehingga engkau bisa mengetes gudeg rekaan sendiri dengan rasa sempurna yogyakarta. Penyajian gudeg jogja biasanya menggunakan kendil ataupun sebuah panci dari tanah liat, sebab memang amat khas beserta resep nenekmoyangnya. Olahan gudeg jogja pun biasanya membubuk atau membacem bahan-bahannya mempergunakan daun polos yang persangkaan muda, maka itu warna serta tekstur benih gudeg super khas sungguh seperti itu. Bagi anda yang penasaran dengan cara menciptakan gudeg sah itu laksana apa, mangga anda memerhatikan sebagai berikut.

Advertisement

Siasah Membuat Gudeg Asli Yogyakarta

Resep Gudeg Asli Jogja

Bahan – bahan menghasilkan gudeg jogja

1 kg nangka bujang, potong mungil

5 pil telur, yang sudah matang direbus

100 grm gula merah, sisir halus

1 ½ lter santan nyiur kental

1 lter larutan buah kelapa, murni

3 lembar peparu salam, terkaan muda

5 cm lengkuas utuh

Patera jati secukupnya, untuk pokok dan adonan rebusan

Bakal yang dihaluskan

Bawang warna merah 10 biji

Bawang putih 6 siung

Ketumbar konstituen 1 sdt penuh

Garam dapur halus 1 sdm

Kemiri 5 butir

Jahe 2 cm

Resep Menghasilkan Gudeg Makbul Yogyakarta

Merebus terlebihdulu nangka muda beserta campuran gandaan yang dihaluskan, tunggu sampai sedikit rengsa dan kendur

Tahap kemudian, silahkan engkau siapkan kuali besi atau rawah lalu lapisi bagian dasar dengan insang jati, kemudian masukan nangka muda yang sudah direbus

Tambahkan patera salam & air nyiur murni, usahakan seluruh rataan nangka yuana terendam, tutup rapat

Intensif kurang lebih 3 jam, datang warna nagka muda sekutil berubah persangkaan kecoklatan

Jika sudah silahkan buka selesai panci dan masukan telur ayam rebus dan larutan santan, usahakan terendam semua

Tambahkan pun gula warna merah dan lengkuas diatasnya, baur sebentar sekadar, kemudian tudung kembali dan masak sedang selama 3 jam

Tinggikan gudeg yang sudah remaja dan menyesar warna kecoklatan

Gudeg jadi anda sajikan dengan pelengkap lainnya.

Engkau bisa menyediakan gudeg beserta sambal rambak, nasi redut, bumbu kedelai sebagi semarak, dan beda sebagainya. Agar gudeg tambah nikmat serta lezat untuk anda nikmati. Selamat mencoba olahan gudeg asli warisan nusantara.